22 Feb 2011

Bahan Khotbah Ujian Praktek AGAMA SMKN 1 MIMIKA ( Kesempurnaan )

Ciri-Ciri Orang Yang Sempurna Didalam Tuhan

1. Orang Yang Tidak Bersalah Dalam Perkataannya Yakobus 3:2
“Sebab Kita Semua Bersalah Dalam Banyak Hal; Barangsiapa Tidak Bersalah Dalam Perkataannya, Ia Adalah Orang Sempurna, Yang Dapat Juga Mengendalikan Seluruh Tubuhnya.” Manusia Memang Tidak Luput Dari Kesalahan, Kita Bersalah Dalam Banyak Hal. Memang Secara Manusia Kita Orang Yang Bisa Salah. Kita Terus Disempurnakan Namun Firman Tuhan Memberi Pengertian Kepada Kita Bahwa Salah Satu Jalan Untuk Dapat Terus Disempurnakan Oleh Tuhan Adalah Kita Memperhatikan Perkataan Itu. Betapa Luar Biasanya Pengertian Itu, Ternyata Cara Kita Berkata-Kata Itu Mempengaruhi Seluruh Tubuh Kita. Akibat Kita Tidak Bisa Mengendalikan Keinginan Tubuh Kita Sering Kita Gagal Mengambil Keputusan. Orang Lekas Marah, Iri Hati, Zinah, Itu Semua Timbul Karena Keinginan Daging. Kalau Kita Memperbaiki Cara Kita Berbicara, Yaitu Berbicara Sesuai Prinsip Firman Tuhan, Maka Keinginan Daging Dapat Dikendalikan, Alias Sempurna

2. Hati Suci (matius 12:34)
Orang Yang Hatinya Suci Itulah Yang Akan Melihat Tuhan. Diatas Kita Belajar Bahwa Orang Yang Tidak Salah Dalam Perkataannya Itu Adalah Orang Sempurna. Apakah Itu Berarti Perkataan Itu Dibuat-Buat Manis, Ini Bukan Kepura-Puraan Tapi Keluar Dari Hati. Perkataan Yang Baik Itu Keluar Dari Hati Yang Suci. Kita Boleh Berpura-Pura Berkata Yang Manis Tapi Kalau Hati Kita Tidak Suci Suatu Waktu Akan Keluar Juga Waktu Ada Tekanan, Pasti Keluar Yang Asli. Kalau Hati Kita Tidak Pernah Penuh Dengan Ucapan Syukur, Tidak Bersukacita Dengan Apa Yang Ada, Pasti Yang Akan Keluar Dari Mulut Kita Itu Adalah Keluhan Dan Persungutan, Ini Pekataan Yang Salah, Ini Membuat Kita makin Jauh dari Kesempurnaan.


3. Kenakan Kasih (Kolose 3:14)
Kalau Kita baca Perikop Dari Ayat 14 Maka Dikatakan Manusia Baru. Manusia Baru Yang Diciptakan Dalam Kesempurnaan Kristus. Hal Ketiga Disini yang Menyempurnakan Kita Adalah Kenakan Kasih kristus. Kasih Adalah Kegenapan Segala Sesuatu ( Iman Dan Pengharapan ) Sebab Kasih Itu Kekal, Tidak Berkesudahan, Ini Sifat Dasar Allah. Kasih Kepada Allah Dengan Segenap Hati, Jiwa Dan Kekuatan Dimanifestasikan Dalam Ketaatan Kepada Perintah Allah. Dan Tanda Kalau Kita Mengasihi Allah Ialah Kita Mengasihi Sesama. Tidak Mungkin Kita Dapat Mengasihi Allah Yang Tidak Terlihat Kalau Kita Tidak Mengasihi Sesama Manusia Yang Terlihat Di Depan Mata. Kemulian Allah Akan Terpancar Melalui Kesatuan, Kasih Adalah Dasar Kesatuan Dan Yang Menyempurnakan.


*PENERAPAN
1.Setiap Perkataan Mulut Kita Biarlah Membangun Orang lain Yang Berbicara dengan Kita, Cek Diri Kita Apakah Perkataan Kita Itu Justru Membuat Orang Jadi Lemah, Apakah Perkataan Kita Membawa Damai, Orang Yang lagi marah Jadi Reda Amarahnya, Yang Lagi Bersungut-Sungut Jadi Mengucap Syukur Dengan Keberadaannya.

2.Begitu Ada Masalah Dengan Hati Kita, Jangan Salahkan Manusia Sebab Segala Sesuatu



TERIMA KASIH DAN SALAM SEJAHTERA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar